Cleo Indonesia

Do Good, Donate Your Book

Donasikan buku lama Anda untuk membantu banyak orang



Daripada menumpuk di loteng dan lemari, berikanlah buku tersebut untuk membantu orang lain. Apalagi saat ini cukup banyak organisasi non-profit yang menyalurkan donasi buku-buku kepada mereka yang kurang beruntung. Ini yang bisa Anda lakukan.

1. Yayasan dan Komunitas 1001buku

Berangkat dari keprihatinan atas kurangnya ketersediaan akses atas bahan bacaan bagi anak-anak Indonesia, 1001buku melakukan pengumpulan dan pendistribusian bahan bacaan anak di sebuah tempat yang dinamakan RUMAH 1001BUKU, yang sekaligus dijadikan sebagai tempat bertemu para relawan, tempat menghimpun buku-buku sumbangan masyarakat, dan alamat kirim. Anda bisa mengirimkan buku bekas ke alamat ini,
Jl. Rusa Raya no. 16A RT 07/08, Manggarai Selatan, Jakarta 12860, Indonesia

2. Drive Books, Not Cars

Punya buku berbahasa Inggris yang sudah tak pernah Anda baca? Donasikan ke Drive Books, Not Cars. Digagas oleh organisasi Sahabat Anak dan Taman Bacaan Pelangi, buku-buku berbahasa Inggris tersebut nantinya akan mereka jual dan keuntungannya digunakan untuk membantu program beasiswa hingga membangun perpustakaan di Jakarta dan NTT. Karena bersifat seasonal, program ini biasa diadakan 2-3 kali dalam setahun. Drop box tempat menaruh buku-buku donasi bisa Anda temukan di beberapa tempat hang-out seperti Starbucks dan Anomali.  

3. Indonesia Mengajar
Anda dapat memberikan buku anak – baru maupun lama yang masih layak pakai – kepada yayasan Indonesia Mengajar. Namun  jenis bukunya diutamakan buku/materi yang mendidik seperti buku pelajaran, buku cerita, atlas hingga majalah Anak. Buku-buku tersebut dapat didonasikan ke:
Kantor Indonesia Mengajar (a.n. Indonesia Menyala)
Jalan Galuh II No. 4 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan 12110

4. Kutu Buku Sahabat Anak
Melalui program KUTU BUKU 2014, Sahabat Anak mengajak masyarakat untuk mengumpulkan buku-buku layak yang akan didistribusikan ke taman bacaan, komunitas belajar, dan perpustakaan di berbagai wilayah terpencil di Indonesia. Buku yang didonasikan bisa baru atau bekas selama kondisi masih baik, sampul dan isi halaman utuh, bersih dan masih layak baca. Berminat mendonasikan buku Anda? Anda bisa mengunjungi drop box yang tersebar di Restaurant Ocha & Bella (Hotel Moorisey), Bank Royal Indonesia, Kopitiam Living World dan The Little Things She Needs di beberapa mall Jakarta. Atau bisa langsung dikirimkan ke alamat ini, Sekretariat Sahabat Anak, Jl. Tambak II, RT 06/05, No. 23, Kel. Pegangsaan, Jakarta Pusat 10320.

5. Gramedia

Sebagai salah satu program CSR, toko buku Gramedia secara rutin mengadakan donasi buku. Program tahunan ini bisa Anda lihat di semua cabang Gramedia dimana sering terdapat drop box, tempat Anda menaruh buku bekas tapi layak baca.


IMELDA
FOTO: DOK. FOTOSEARCH

Share this article :

Related posts