Contoh Daftar Riwayat Hidup, Ciri-Ciri dan Craa Menulisnya

Cleo.co.id – Seperti yang telah kita ketahui, daftar riwayat hidup adalah tulisan atau sebuah teks yang berisi tentang data pribadi seseorang. Isinya dapat berupa data diri, pengalaman kerja, prestasi yang diraih, pengalaman semasa hidup, peristiwa yang dialami.

Dan kenapa orang tersebut bisa terkenal. Namun tidak semua hal tersebut harus ada dalam sebuah teks riwayat hidup, namun umumnya hal-hal demikianlah yang biasa menjadi isi sebuah daftar riwayat hidup.

Kali ini Admin akan membahasa mengenai contoh daftar riwayat hidup terbaru ditahun 2022 ini. Selalin menyediakan contoh, pembahasannya akan meliputi pengertian, struktur atau isi, contoh, dan yang terakhir penutupan. Anda dapat langsung melihat pembahasan mengenai daftar riwayat hidup dibawah ini.

Apa Itu Daftar Riwayat Hidup?

Seperti yang sudah Admin bilang diatas, daftar riwayat hidup adalah sebuah tulisan yang isinya beruapa data diri. Seperti tanggal lahir dan kapan meninggalnya seseorang.

Selain itu isinya dapat beruapa peristiwa-peristiwa penting yang terjadi pada masa dia hidup. Contohnya adalah hal apa yang membuat orang tersebut dikenal oleh publik, dan biasanya dapat berupa hal baik atau hal buruk.

Tetapi perlu diingat, daftar riwayat hidup tidak selalu mengkisahkan orang yang terkenal, Anda juga dapat membuat daftar riwayat sendiri, cukup masukkan data diri, seperti tanggal lahir, hobi, dan keahlian Anda. \Dalam tulisannya Anda juga dapat memasukkan hobi Anda atau aktivitas sehari-hari yang sering dilakukan.

Daftar Riwayat Hidup Menurut Para Ahli

Jika Anda memerlukan pengertian daftar riwayat hidup untuk keperluan sekolah, atau ingin definisi yang diungkapkan oleh para ahli. Admin sudah merangkumnya dibawah ini:

Daftar Riwayat Hidup Menurut Jessica Dukes

Daftar riwayat hidup adalah kisah kehidupan seseorang yang ada didunia nyata. Isinya bisa tentang seseorang yang masih hidup atau seseorang yang hidup berabad-abad yang lalu. Mereka bisa saja orang yang terkenal secara global, pahlawan tanpa tanda jasa yang dilupakan oleh sejarah, atau bahkan sekelompok orang yang memiliki keunikan.

Fakta-fakta kehidupan mereka, dari lahir sampai mati (atau hari ini penulis), disertakan dengan momen-momen yang mengubah hidup yang sering menjadi pusat perhatian.

Penulis biasanya menunjuk ke masa kanak-kanak orang yang ditulis, peristiwa yang membuat mereka dewasa, hubungan, kegagalan, dan keberhasilan untuk membuat deskripsi menyeluruh tentang subjek yang diceritakan.

Daftar riwayat hidup membutuhkan banyak penelitian. Sumber informasi bisa diambil secara langsung seperti wawancara dengan subjek yang memberikan interpretasi mereka sendiri tentang peristiwa kehidupan mereka.

Saat menulis tentang orang-orang yang tidak lagi bersama kita, penulis biografi mencari sumber utama yang ditinggalkan oleh subjek dan, jika mungkin, wawancara dengan teman atau keluarga. Penulis biografi sejarah juga dapat memasukkan catatan dari para ahli lain yang telah mempelajari subjek mereka.

Baca Juga  3 Contoh Teks Deskripsi, Struktur, Ciri-ciri, Jenis dan Pengertian

Tujuan akhir penulis daftar riwayat hidup adalah untuk menciptakan kembali dunia tempat orang tersebut tinggal. Isinya menjelaskan bagaimana mereka hidup pada waktu itu.

Seperti perubahan dunia, dunia yang merubah mereka, dan atau mengenai mereka membuat gerakan pada masa itu. Pelajaran hidup universal inilah yang membuat biografi menjadi bacaan yang bermakna.

Daftar Riwayat Hidup Menurut Paul Murray Kendall

Daftar riwayat hidup adalah salah satubentuk sastra, umumnya dianggap nonfiksi, yang subjeknya adalah kehidupan seseorang secara individu. Salah satu bentuk ekspresi sastra tertua.

Teks ini berusaha untuk menciptakan kembali peristiwa subjek dalam bentuk kata-kata yang ditulis manusia, sebagaimana dipahami dari perspektif sejarah atau pribadi penulis dengan memanfaatkan semua bukti yang ada, termasuk yang disimpan dalam ingatan seseorang juga. Sebagai bahan tertulis, lisan, dan gambar.

Struktur dan Cara Menulis Daftar Riwayat Hidup

Struktur dan Cara Menulis Daftar Riwayat Hidup

Mengetahui struktur dan tips cara menulis daftar riwayat hidup merupakan hal yang penting jika Anda ingin menulis teks ini dengan rapih dan tertata. Admin sudah menyediakan tips dan struktur untuk menulis daftar riwayat hidup dibawah ini.

1. Dapatkan Izin Orang yang Ingin Anda Tulis

Setelah Anda memilih subjek biografi, mintalah izin untuk menulis tentang kehidupan mereka. Meskipun dalam beberapa kasus mungkin tidak diperlukan (seperti jika subjek adalah tokoh masyarakat atau sudah meninggal).

Mendapatkan izin akan membuat bagian penelitian dan proses penulisan Anda menjadi lebih mudah. Jika subjek bersedia untuk dibuat biografinya, mereka dapat memberikan detail yang signifikan tentang cerita mereka sendiri. Hal inilah yang akan membantu membuat tulisan Anda tentang mereka lebih menarik.

2. Lakukanlah Penelitian Anda

Terlepas dari seberapa banyak yang Anda ketahui tentang subjek Anda, sejumlah besar penelitian diperlukan untuk melukiskan gambaran menyeluruh tentang orang ini. Jika mereka adalah tokoh sejarah, sertakan informasi tentang periode waktu mereka hidup dan bagaimana hal itu memengaruhi cara mereka menjalani hidup. Sumber utama adalah catatan langsung tentang kehidupan subjek Anda dan hal ini cenderung menjadi sumber yang paling dapat diandalkan. Ini dapat mencakup entri jurnal, email, wawancara, atau memoar. Sumber utama juga dapat berupa informasi lain yang diberikan subjek, seperti situs web pribadi, bio Twitter, akun media sosial, atau bio profesional. Sumber sekunder, seperti majalah atau dokumenter, juga dapat digunakan jika informasinya terbukti akurat.

3. Bentuk Tesis atau Tulisan Anda

Paragraf atau bab pertama Anda harus memberi tahu pembaca apa yang akan mereka pelajari tentang orang ini pada daftar riwayat yang anda tulis.

4. Buat Garis Waktu

Sebuah biografi biasanya menyusun poin-poin utama kehidupan seseorang dalam urutan kronologis. Mengetahui urutan peristiwa penting sebelum Anda mulai menulis dapat menghemat kerumitan saat menulis.

5. Gunakan Kilas Balik atau Flashback

Saat menulis teks biografi Anda, Anda mungkin ingin memisahkan antara pengalaman dari kehidupan dewasa subjek Anda dan satu dari masa sekolah menengah mereka. Menggunakan kilas balik atau flashback memungkinkan penulis untuk memperkenalkan informasi masa lalu yang relevan. Pembaca tanpa menghambat mereka dengan paragraf eksposisi latar belakang.

Baca Juga  Pengertian, Cara Menulis & Contoh Surat Lamaran Kerja Lengkap

6. Sertakan Pemikiran Anda

Daftar riwayat tdak hanya berisi tentang fakta-fakta saja. Seorang penulis daftar riwayat hidup dapat berbagi perasaan dan pendapat mereka sendiri tentang kehidupan subjek mereka.

Jika subjek melakukan sesuatu yang penting, penulis dapat memasukkan mengapa mereka merasa momen itu penting, bagaimana hal itu dipengaruhi oleh periode waktu.

Dan apa artinya bagi masyarakat secara keseluruhan. Ini akan mendukung mengapa orang ini layak untuk ditulis dan membuat audiens tetap membaca dari kalimat pertama hingga terakhir.

Contoh Daftar Riwayat Hidup

Contoh Daftar Riwayat Hidup

Setelah mengetahui penjelasan, struktur dan cara menulis daftar riwayat hidup Admin akan menyediakan contohnya dibawah ini. Contoh ini penting jika Anda memerlukan gambaran mengenai bagaimana seharusnya daftar riwayat hidup terlihat.

Daftar Riwayat Hidup Lisa Blackpink

Lalisa Manoban (nama lahir: Pranpriya Manoban, lahir 27 Maret 1997 di Bangkok, Thailand) lebih dikenal dengan nama panggungnya, Lisa, adalah seorang rapper, penyanyi, penari dan model Thailand, saat ini tinggal di Korea Selatan. Dia adalah anggota termuda dari BLACKPINK.

Nama lahirnya adalah Pranpriya Manoban dan dia kemudian secara resmi mengubah nama depannya menjadi Lalisa. Etnis dan kebangsaannya adalah Thailand. Nama orang tua kandung Lisa belum dirilis ke publik. Koki terkenal Swiss Marco Bruschweiler adalah ayah tirinya, yang saat ini aktif di Thailand.

Untuk pendidikannya, Lisa bersekolah di Praphamontree II School. Sebagai seorang anak, Lisa adalah seorang model dan penari. Dia berhasil mengikuti audisi YG Entertainment Competition pada tahun 2010, ketika dia baru berusia 13 tahun.

Dia menempati peringkat pertama dalam kompetisi tersebut, dan ditawari oleh Yang Hyun-suk untuk menjadi trainee YG Entertainment, yang disetujui Lisa. Pada tahun 2011.

Ia pindah ke Korea Selatan untuk memulai pelatihan formalnya dalam tampil untuk karir K-Pop Idol-nya, yang berlangsung selama lima tahun. Selama waktu ini, dia adalah anggota grup tari bernama We Zaa Cool bersama dengan sesama trainee K-Pop Idol Thailand, Bambam dan Ten.

Pada tahun 2016, ia menggunakan nama panggung Lisa dan menjadi penari utama, rapper utama, vokalis pendukung, dan maknae girl grup K-pop Blackpink, yang debut pada 8 Agustus 2016. Lisa juga merupakan orang non-Korea pertama. Artis YG Entertainment/artis YG Entertainment asing pertama.

Saat ini Lisa masih aktif sebagai member Blackpink dan menjadi salah satu member yang paling terkenal diseluruh dunia.

Contoh Daftar Riwayat Hidup V BTS

V lahir dengan nama Kim Tae-hyung pada 30 Desember 1995 di Daegu, Korea Selatan, dan besar di Kabupaten Geochang. Dia adalah anak tertua dari tiga bersaudara, dengan seorang adik laki-laki dan perempuan.

Pertama kali bercita-cita menjadi penyanyi profesional di sekolah dasar, dan akhirnya mulai mengambil pelajaran saksofon di awal sekolah menengah sebagai sarana untuk mengejar karir. V lalu menjadi trainee untuk Big Hit Entertainment setelah lulus audisi di Daegu.

Setelah lulus dari Korean Arts High School pada tahun 2014, V mendaftar di Global Cyber University—ia lulus pada Agustus 2020 dengan jurusan Broadcasting and Entertainment. Pada tahun 2021, ia terdaftar di Hanyang Cyber University, mengejar gelar Master of Business Administration di bidang Periklanan dan Media.

Baca Juga  Pengertian, Cara Menulis & Contoh Surat Lamaran Kerja Lengkap

Dan saat ini V masih aktif sebagai member dari BTS, bersama dengan member lainnya, mereka menjadi boy group yang paling terkenal diseluruh dunia.

Contoh Daftar Riwayat Hidup Ratu Elizabeth

Elizabeth II (lahir 21 April 1926, London, Inggris—meninggal 8 September 2022, Kastil Balmoral, Aberdeenshire, Skotlandia). Ratu Kerajaan Inggris Raya dan Irlandia Utara dari 6 Februari 1952 hingga 8 September 2022. Pada 2015 ia melampaui Victoria menjadi raja yang paling lama memerintah dalam sejarah Inggris.

Awal Hidup

Elizabeth adalah putri sulung Pangeran Albert, adipati York, dan istrinya, Lady Elizabeth Bowes-Lyon. Sebagai anak dari putra Raja George V yang lebih muda, Elizabeth muda memiliki sedikit prospek untuk naik takhta sampai pamannya, Edward VIII (kemudian adipati Windsor), turun tahta demi ayahnya pada 11 Desember 1936, pada saat itu. Ayahnya menjadi Raja George VI dan dia menjadi pewaris.

Pendidikan sang putri diawasi oleh ibunya, yang mempercayakan putrinya kepada seorang pengasuh, Marion Crawford; sang putri juga didasarkan pada sejarah oleh C.H.K. Marten, kemudian menjadi rektor Eton College, dan mendapat pengajaran dari pengajar tentang musik dan bahasa.

Selama Perang Dunia II dia dan saudara perempuannya, Putri Margaret Rose, terpaksa menghabiskan sebagian besar waktu mereka dengan aman jauh dari serangan London dan berpisah dari orang tua mereka, sebagian besar tinggal di Kastil Balmoral di Skotlandia dan di Royal Lodge, Windsor, dan Kastil Windsor.

Kematian

Pada 8 September, kematian Elizabeth, pada usia 96, mengejutkan Inggris dan dunia. Pangeran Charles menggantikannya di atas takhta sebagai Raja Charles III.

Sepuluh hari peringatan nasional atas kehidupan dan warisannya yang telah lama direncanakan sebagai “Operasi Jembatan London”. Ratu berbaring selama sehari di Katedral St. Giles di Edinburgh dan kemudian selama tiga hari di Westminster Hall di London.

Di luarnya para pelayat berdiri dalam barisan yang membentang bermil-mil, dalam beberapa kasus menunggu lebih dari 24 jam untuk melihat peti mati ratu Elizabeth. Upacara pemakamannya di Westminster Abbey pada 19 September dihadiri oleh sekitar 100 kepala pemerintahan asing.

Setelah prosesi ke Wellington Arch, di mana Big Ben berdentang, peti mati ratu dibawa dengan mobil jenazah ke tempat peristirahatan terakhirnya di Kapel St. George di Kastil Windsor.

Ratu Elizabeth dikenal menyukai kesederhanaan dalam kehidupan istana dan juga dikenal memiliki minat yang serius dan terinformasi dalam urusan pemerintahan, selain dari tugas-tugas tradisional dan seremonial.

Secara pribadi, dia menjadi penunggang kuda wanita yang hebat. Dia memelihara kuda pacu, sering menghadiri balapan, dan secara berkala mengunjungi peternakan pejantan Kentucky di Amerika Serikat. Kepemilikan keuangan dan propertinya menjadikannya salah satu wanita terkaya di dunia.

Penutup

Kesimpulan yang dapat diambil dari artikel kali ini adalah, bahwa daftar riwayat hidup berisi mengenai kehidupan pribadi seseorang dari awal lahir sampai mereka meninggal. Namun isi dari teks ini juga dapat berisi tentang orang yang masih hidup.

Sekian pembahasan mengenai contoh riwayat hidup kali ini, terimakasih banyak telah membaca sampai akhir. Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya yang dapat Anda lihat pada situs ini, sampai jumpa.