3 Contoh Teks Deskripsi, Struktur, Ciri-ciri, Jenis dan Pengertian

Cleo.co.id – Teks deskripsi seperti namanya adalah sebuah teks yang isinya menggambarkan suatu benda hidup atau benda mati. Benda hidup contohnya manusia, tumbuhan, dan hewan, adalah hal-hal yang bisa Anda deskripsikan kedalam teks ini.

Untuk benda mati cakupannya sangat banyak sekali, dimulai dari alat atau perkakasa, atau benda-benda mati lainnya seperti batu, emas, dan masih banyak lainnya.

Hal yang harus diperhatikan saat menulis sebuah teks deskripsi adalah kerinciannya. Semakin rinci teks deskripsi Anda maka akan semakin bagus juga. Contohnya, jika Anda mencoba untuk mendeskripsikan burung, cobalah untuk menggambarkannya seasli mungkin.

Seperti saat burung itu bersuara, bagaimana bentuk burung tersebut, dan bagaimana saat burung itu terbang. Hal inilah yang harus kalian masukkan kedalam sebuah teks deskrispi.

Sebelum memasuki inti pembahasan mengenai contoh teks deskripsi, Admin akan membahas juga tentang pengertian, struktur, dan cara menulis teks deskripsi. Anda bisa simak pembahasannya dibawah ini.

Apa Itu Teks Deskripsi?

Teks Deskripsi

Seperti yang sudah dibahas diatas, teks deskripsi adalah sebuah teks yang menggambarkan sesuatu, entah itu makhluk hidup atau benda mati. Isi teks deskrispi harus rinci dan sangat menggambarkan objek yang dibicarakan pada teks tersebut.

Sebagai contoh, jika Anda mencoba menggambarkan seseorang, maka Anda harus benar-benar menggambarkan orang tersebut seperti aslinya. Bagaimana ia berbicara, berjalan, fisiknya bagaimana, suaranya bagaimana, dan bagaimana kebiasaanya. Semakin mendekati deskripsi Anda mengenai orang tersebut, semakin bagus teks deskripsi yang Anda buat.

Hal yang ingin Anda deskripsikan bisa berbentuk apa saja. Tempat atau lokasi adalah salah satu hal yang bisa kalian deskripsikan. Isinya bisa tentang apa saja yang tergambar pada tempat itu. Seperti keindahan tersebut, atau semacamnya. Semua hal yang dapat membantu Anda dalam menggambarkan objek yang sedang ditulis bisa dimasukkan kedalamnya.

Untuk membantu teks deskripsi Anda menjadi lebih rinci, gunakanlah formula 5W+1H. Formula tersebut memiliki arti apa, dimana, kapan, siapa, kenapa, dan yang terakhir bagaimana. Sebagai contoh, apa yang Anda coba deskripsikan bisa menjadi paragraf awal saat menulis sebuah teks deskripsi. Lalu bisa dilanjutkan dengan pertanyaan selajutnya.

Pengertian Teks Deskripsi Menurut Para Ahli

Jika Anda memerlukan penjelasan yang lebih akurat mengenai teks deskripsi, atau untuk kepentingan pendidikan, kalian dapat melihat penjelasan para ahli dibawah ini.

1. Pengertian Teks Deskripsi Menurut Kane

Teks deskripsi adalah teks yang menggambarkan atau menjelaskan seperti apa seseorang atau sesuatu. Tujuannya adalah untuk menggambarkan dan mengungkapkan orang, tempat, atau benda tertentu.

Baca Juga  Pengertian, Cara Menulis & Contoh Surat Lamaran Kerja Lengkap

Dalam arti luas, teks deskripsi sebagaimana dijelaskan oleh Kane, adalah tentang pengalaman indrawi—bagaimana sesuatu terlihat, terdengar, terasa. Sebagian besar adalah tentang pengalaman visual, tetapi deskripsi juga berkaitan dengan jenis persepsi lainnya.

Jadi, bisa simpulkan dari penjelasan Kane sebelumnya, teks deskripsi adalah teks bermakna yang menggambarkan pengalaman yang berhubungan dengan indera, seperti apa bentuk, suara, dan rasanya.

Kebanyakan teks deskriptsi adalah tentang pengalaman visual, tetapi sebenarnya pengalaman selain indera penglihatan juga bisa dimasukkan ke dalam teks deskripsi.

Tetapi secara khusus, teks deskripsi adalah teks yang menggambarkan seperti apa seseorang atau sesuatu itu. Tujuannya adalah untuk menggambarkan dan mengungkapkan orang, tempat, atau benda tertentu seperti yang telah dibahas diatas.

Jadi, dapat dikatakan bahwa teks deskripsi adalah teks yang menjelaskan tentang seperti apakah seseorang atau suatu benda, apakah bentuknya, sifat-sifatnya, jumlahnya dan lain-lain. Tujuan teks deskriptif jelas, yaitu untuk menggambarkan, merepresentasikan atau mengungkapkan seseorang atau suatu objek, baik yang abstrak maupun yang konkret.

2. Pengertian Teks Deskripsi Menurut Karim

Teks deskripsi adalah teks yang bertujuan untuk menggambarkan tentang orang, binatang, tempat, atau benda. Karim menyatakan bahwa teks deskriptif adalah gambaran verbal seseorang, tempat, atau objek.

Jadi, teks deskripsi adalah teks yang menggambarkan seseorang, tempat, atau objek. Untuk menggambarkan seseorang atau sesuatu, lakukanlah dengan jelas dan senyata mungkin. Hal ini dapat dilakukan dengan mengamati dan merekam detail spesifik dari orang, tempat, atau objek yang menarik indra pembaca.

3. Pengertian Teks Deskripsi Menurut Olivia Valdes

Teks deskriptif adalah teks yang berfokus dan kaya akan detail mengenai topik tertentu. Paragraf dengan gaya ini sering kali memiliki fokus yang konkret suara air terjun, bau semburan sigung, tetapi juga dapat menyampaikan sesuatu yang abstrak, seperti emosi atau ingatan.

Beberapa paragraf deskriptif memiliki isi keduanya. Paragraf ini membantu pembaca merasakan dan merasakan detail yang ingin disampaikan penulis.

Struktur Teks Deskripsi

Ada tiga struktur yang perlu ada dalam sebuah teks deskripsi. Dengan mengikuti struktur ini, tulisan kalian akan lebih tertata dan terperinci. Dibawah ini adalah strukturnya.

  1. Kalimat topik, isilah dengan kalimat yang mengidentifikasikan topik atau objek dan jelaskan dengan secara singkat signifikansinya.
  2. Kalimat pendukung, gunakan kalimat pendukung yang menjelaskan topik dengan cara yang spesifik dan jelas, menggunakan detail yang Anda telah rangkum ketika memikirkan tentang apa yang ingin Anda gambarkan dalam teks deskripsi yang sedang ditulis.
  3. Kalimat penutup, gunakan kalimat ini untuk menyimpulkan apa yang telah dibahas sebelumnya, masukkan bagian intinya saja.

Bagaimana Cara Menulis Teks Deskripsi

Admin telah menyediakan cara bagaimana menulis teks deskriptif yang rinci, dan tersusun rapih. Dibawah ini penjelasannya.

1. Carilah Topik Yang Ingin Dibahas

Langkah pertama dalam menulis teks deskripsi yang tepat adalah mengidentifikasi topik Anda. Jika Anda menerima tugas tertentu atau sudah memikirkan topik, Anda dapat melewati langkah ini. Jika tidak, saatnya untuk memulai memikirkannya.

Baca Juga  Contoh Daftar Riwayat Hidup, Ciri-Ciri dan Craa Menulisnya

Barang-barang pribadi dan lokasi yang familiar adalah topik yang mudah untuk dideskripsikan. Subjek yang Anda pahami dan ketahui dengan baik sering kali menghasilkan deskripsi yang rinci dan tertata dengan baik.

Pilihan bagus lainnya adalah objek yang pada pandangan pertama tampaknya tidak memerlukan banyak deskripsi, seperti sendok atau sebungkus mi instan. Benda-benda yang tampaknya sangat biasa ini mengambil bentuk dan makna yang sama sekali tidak terduga ketika digambarkan dalam sebuah teks deskripsi yang dibuat dengan baik.

Sebelum Anda menyelesaikan topik pilihan Anda, pertimbangkan tujuan teks deskripsi Anda. Jika Anda menulis deskripsi demi deskripsi, Anda bebas memilih topik apa pun yang dapat Anda pikirkan.

Tetapi kebanyakan teks deskripsi adalah bagian dari hal yang lebih besar, seperti narasi pribadi atau surat lamaran. Pastikan topik teks deskripsi Anda selaras dengan tujuan dan mecakup hal yang luas.

2. Atur Dengan Baik Informasi yang Telah Terkumpul

Atur informasi mengenai topik tersebut dalam urutan yang masuk akal. Jika Anda merasa bingung, bacalah teks deskripsi milik orang lain untuk mendapatkan inspirasi, dan jangan takut untuk bereksperimen dengan struktur yang berbeda.

Dalam draf akhir Anda, detailnya harus mengikuti pola yang logis, dengan setiap kalimat terhubung dengan kalimat sebelum dan sesudahnya.

3. Edit dan Koreksi Paragraf Anda

Proses penulisan belum berakhir sampai paragraf Anda telah diedit dan dikoreksi. Tanya teman atau guru untuk membaca teks Anda dan suruh mereka untuk menilainya. Nilailah apakah paragraf tersebut dengan jelas menyampaikan pesan yang ingin Anda ungkapkan. Baca paragraf Anda keras-keras untuk memeriksa frasa yang canggung atau kalimat yang rumit.

Contoh Teks Deskripsi

Dibawah ini adalah contoh teks deskripsi yang telah Admin kumpulkan. Berbagai macam topik akan membantu Anda memahami lebih dalam mengenai teks ini.

1. Belalang Sembah Anggrek

Hymenopus coronatus, belalang anggrek, adalah serangga yang luar biasa. Belalang ini adalah pemburu yang mematikan dan ahli kamuflase. Empat kaki depan, kepala dan dada ditutupi struktur halus menyerupai kelopak bunga berwarna-warni.

Belalang ini adalah predator penyergap. Ia mengambil keuntungan penuh dari penampilannya yang unik, menetap di antara kelopak anggrek dan menunggu serangga yang berkunjung.

Ia menyukai kupu-kupu dan ngengat untuk makanannya, tetapi dengan senang hati akan menerima serangga apa pun yang dapat ia temukan. Makanannya tidak perlu serangga: belalang anggrek yang rakus ini diketahui memakan kadal kecil, katak, tikus, dan bahkan burung.

Perilakunya serangga dengan jenis ini tidak jauh berbeda. Seperti kebanyakan belalang sembah, belalang anggrek adalah kanibal oportunistik. Mereka tidak pergi keluar dari sarang mereka untuk melahap jenis mereka sendiri.

Tetapi jika salah satu jenisnya masuk ke jangkauan serangan ketika belalang ini merasa lapar, mereka mungkin akan menjadi makanannya. Namun, H. coronatus tidak tercatat melakukan kanibalisme reproduksi seperti belalang sembah pada umumnya.

Baca Juga  Contoh Daftar Riwayat Hidup, Ciri-Ciri dan Craa Menulisnya

2. Taman Belakang Rumah

Pada hari Minggu sore saya suka menghabiskan waktu di taman belakang rumah. Tamannya sempit tapi panjang, koridor hijau memanjang dari belakang rumah, dan saya duduk di kursi taman di ujung untuk membaca dan bersantai.

Saya berada di surga kecil saya yang damai: naungan pohon, nuansa rumput di kaki saya, aktivitas ikan di kolam yang berada di samping saya.

Kucing saya melintasi taman dengan gesit dan melompat ke pagar untuk mengamatinya dari atas. Dari tempat berdirinya dia bisa mengawasi kerajaan kecilnya dan mengawasi tetangga. Dia melakukan ini sampai gonggongan anjing tetangga membuatnya takut dari posnya dan dia berlari pergi.

Dengan itu, saya ditinggalkan sendirian dengan ikan, yang seluruh dunianya adalah kolam di dekat kaki saya. Ikan berenang kolam setiap hari seolah-olah untuk pertama kalinya, mendorong dan memeriksa setiap batu.

Saya kadang-kadang merasakan hal yang sama tentang duduk di taman ini; Saya tahu tempat itu lebih baik daripada taman siapa pun, tetapi setiap kali saya kembali, saya masih merasa harus memperhatikan semua detail dan kebaruannya—burung baru bertengger di pohon, tumbuhnya rerumputan, dan pergerakan serangga.

Duduk di taman, saya merasa tenang. Saya merasa di rumah. Namun saya selalu merasa ada lebih banyak untuk ditemukan. Batas-batas taman saya mungkin kecil, tetapi ada seluruh dunia yang terkandung di dalamnya, dan itu adalah dunia yang tidak akan pernah bosan saya huni.

3. Gurun Sahara

Gurun yang paling luar biasa adalah gurun Sahara. gurun ini merupakan adalah dataran yang luas, tetapi sedikit lebih tinggi di atas permukaan laut, dan ditutupi dengan pasir dan kerikil, dengan campuran kerang laut, dan tampak seperti cekungan laut yang menguap.

Di tengah gurun, ada mata air yang menyembur keluar dan menciptakan bintik-bintik hijau, yang disebut oasis. Ada tiga puluh dua di antaranya yang berisi air mancur, dan pohon kurma dan palem; dua puluh di antaranya berpenghuni. Mereka berfungsi sebagai tempat pemberhentian karavan, dan sering terdapat desa.

Kalau bukan karena ini, tidak ada manusia yang bisa menyeberangi dataran pasir yang terbakar ini. Kadang-kadang, angin yang membakar begitu ganas sehingga panas yang menyengat mengeringkan air dari mata air ini, dan kemudian sering kali, konsekuensi yang paling berbahaya mengikuti.

Penutup

Sekian dulu pembahasan mengenai contoh teks deskripsi terbaru tahun 2022. Kesimpulan yang dapat diambil adalah, teks deskripsi merupakan teks yang menggambarkan sesuatu dengan secara detail. Inti dari tulisan ini adalah untuk menunjukkan gambaran yang jelas mengenai suatu hal, bukan untuk memberitahukannya.

Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya yang terdapat pada situs ini. Terimakasih telah berkunjung dan sampai jumpa.