Pengertian, Cara Menulis & Contoh Surat Lamaran Kerja Lengkap

Cleo.co.id – Surat lamaran kerja, seperti namanya surat ini digunakan atau dipakai untuk melamar sebuah pekerjaan. Namun ini bukan hanya sekedar surat, artinya Anda harus memperhatikan bagaimana cara menulis surat ini dengan benar.

Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan dalam menulis surat lamaran kerja. Contohnya bahasa yang digunakan harus formal, lalu cara penulisan, tanda baca, dan lainnya. Karena surat ini bersifat formal, maka tidak heran harus ada banyak hal yang mesti diperhatikan.

Seperti yang sudah admin jelaskan sedikit diatas, ada beberapa aspek dalam surat lamaran yang harus diperhatikan oleh pelamar kerja. Contohnya adalah bahasa, dan apa saja yang harus ada didalamnya.

Untuk bagian bahasa, yang harus diperhatikan adalah baik dan benarnya. Karena surat ini bersifat formal, maka hal tersebut perlu diperhatikan. Lalu untuk bagian isinya akan admin jelaskan dengan rinci dalam pembahasan artikel kali ini.

Sebelum masuk ke pembahasan inti yaitu contoh surat lamaran kerja, Admin akan membahasa penjelasan, isi, dan bagaimana cara menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar. Penjelasannya bisa Anda simak dibawah ini.

Apa Itu Surat Lamaran Kerja?

Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran kerja adalah surat yang bersifat formal dan diperlukan ketika seseorang akan melamar sebuah pekerjaan diperusahaan tertentu. Bahasa yang digunakan dalam surat ini bersifat formal, dan harus baik dan benar.

Isinya mencakup data diri pelamar, tempat dan tanggal pembuatan surat, nama perusahaan, salam pembuka, salam penutup, lampiran dokumen pendukung, tanda tangan lalu nama pelamar.

Agar surat lamaran kerja Anda bisa maksimal, maka penjelasan diatas harus diperhatikan. Faktor seperti lampiran dokumen pendukung juga penting, seperti sertifikat misalnya.

Hal lain yang dapat membantu adalah pengalaman kerja Anda. Pelamar dengan pengalaman kerja, akan semakin dipertimbangkan. Jadi dengan melengkapi hal tersebut akan menambah peluang Anda diterima oleh sebuah perusahaan.

Pengertian Surat Lamaran Kerja Menurut Para Ahli

Jika Anda memerlukan pengertian surat lamaran kerja dari ahli untuk kepentingan pengetahuan atau pendidikan, Admin sudah menyediakannya dibawah ini.

Surat Lamaran Kerja Menurut IMC

Adalah ringkasan keterampilan, dan pengalaman Anda yang akan diperluas dalam sebuah resume. Surat ini memiliki tujuan untuk memperkenalkan Anda kepada calon pemberi kerja dan menggambarkan kesesuaian Anda untuk posisi yang telah  dilamar.

Baca Juga  3 Contoh Teks Deskripsi, Struktur, Ciri-ciri, Jenis dan Pengertian

Semua jenis lamaran tertulis harus menyertakan surat lamaran kerja. Dalam banyak kasus, surat lamaran Anda sama pentingnya dengan resume Anda. Tidak mungkin resume Anda akan dibaca jika surat lamaran Anda tidak memberikan kesan pertama yang baik.

Surat Lamaran Kerja Menurut Alison Doyle

Surat lamaran kerja (juga dikenal sebagai surat lamaran) adalah surat yang Anda kirim dengan resume Anda didalamnya. Tujuannya adalah untuk memberikan informasi tentang keterampilan dan pengalaman Anda. Surat ini adalah kesempatan Anda untuk “mempromosikan” diri Anda kepada pemberi pekerjaan, menjelaskan mengapa Anda termasuk kandidat ideal untuk suatu posisi.

Saat Anda menulis surat lamaran kerja, penting untuk memperhatikan formatnya. Ada cara yang tepat untuk memformat surat lamaran; menyimpang dari pedoman standar dan HRD dapat membuat peluang Anda diterima berkurang.

Faktanya, apa pun yang membuat surat lamaran kerja Anda tampak kurang profesional dapat mencegah HRD menganggap Anda serius sebagai kandidat. Pastikan surat lamaran Anda diformat dengan benar dan bebas dari kesalahan sebelum Anda mengirimnya.

Surat Lamaran Kerja Menurut Prasanna

Surat ini berisi dokumen yang harus diserahkan bersama dengan resume ke penyedia pekerjaan untuk menyatakan minat Anda pada posisi tersebut saat melamar pekerjaan. Nama lainnya juga dikenal sebagai Surat Pengantar.

Isinya menjelaskan mengapa Anda memenuhi syarat untuk posisi itu dan harus dipilih untuk wawancara. Sedangkan resume menjelaskan riwayat pengalaman kerja, keterampilan, dan prestasi Anda. Surat tersebut harus menekankan keterampilan Anda dan kualifikasi utama yang sesuai untuk posisi tersebut.

Isi Surat Lamaran Kerja

Admin sudah menyediakan apa yang harus Anda isi dalam sebuah surat lamaran kerja. Pembahasannya dapat kalian lihat dibawah ini.

Informasi tentang Anda

Mulailah surat lamaran Anda dengan informasi kontak Anda. Penulisannya harus dalam gaya blok, di margin kiri kertas Anda, letaknya di arah atas. Diikuti nama, alamat rumah saat ini dan nomor telepon.

Tanggal

Sertakan tanggal seperti yang akan Anda lakukan dengan surat formal apa pun. Hal ini jangan sampai Anda lupakan, karena tanggal penulisan surat merupakan hal yang penting.

Nama Kontak, Jabatan, Perusahaan, dan Alamat

Menyertakan nama tertentu dapat membuat surat dan resume Anda ke HRD lebih cepat dan bisa menjadi sentuhan pribadi yang lumayan efektif. Jika Anda melamar posisi yang diiklankan yang tidak memberikan nama untuk dihubungi, hubungi perusahaan dan tanyakan nama manajer departemennya.

Salam

Pilih cara yang tepat untuk menghubungi HRD atau pemberi pekerjaan. Sebagai contoh, untuk pria gunakan yang terhormat bapak, untuk perempuan gunakan “Ibu”, dan jika Anda tidak tahu gendernya gunakan keduanya, “Bapak/Ibu”.

Baca Juga  Contoh Daftar Riwayat Hidup, Ciri-Ciri dan Craa Menulisnya

Paragraf Pembuka

Dalam paragraf pembuka, ceritakan bagaimana Anda menemukan lowongan kerja tersebut. Contohnya dapat diperoleh dari iklan, internet, rujukan pribadi, atau orang lain yang menginfokan mengenai lowongan kerja.

Paragraf tengah

Bagian ini memberikan ringkasan latar belakang Anda dan keterampilan langsung (hard skill) yang membuat Anda memenuhi syarat untuk posisi tersebut.

Paragraf Tengah Kedua

Pada bagian ini dapat digunakan untuk menunjukkan kemampuan persuasif Anda (soft skill).

Informasi Kontak dan Penutupan

Di akhir surat, bicarakan tentang ketersediaan Anda untuk pekerjaan itu, di mana Anda dapat dihubungi, dan kapan Anda akan menghubungi orang yang mempekerjakan untuk membuat janji guna membahas lamaran Anda.

Jika Anda tidak memiliki nama kontak, Anda mungkin hanya ingin menunjukkan antisipasi Anda terhadap tanggapan di bagian surat ini. Ucapkan terima kasih kepada orang yang Anda kirimi surat atas waktu dan pertimbangannya atas lamaran Anda.

Cara Menulis Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Admin telah menyediakan tips dan bagaimana cara menulis surat lamaran yang baik dan benar. Penjelasannya bisa Anda lihat dibawah ini.

Tulis Satu Surat

Kecuali jika lowongan pekerjaannya secara khusus mengatakan untuk tidak mengirim surat lamaran pekerjaan. Sekalipun perusahaan tidak meminta surat lamaran, tidak ada salahnya untuk menyertakannya.

Jika mereka meminta Anda untuk mengirim surat, pastikan untuk mengikuti petunjuknya dengan tepat (misalnya, mereka mungkin meminta Anda untuk mengirim surat sebagai lampiran email, atau ketik langsung ke sistem aplikasi online mereka).

Gunakan Format Surat Bisnis

Gunakan format surat bisnis formal saat menulis surat lamaran pekerjaan Anda. Sertakan informasi kontak Anda di bagian atas, tanggal, dan informasi kontak pemberi lowongan. Pastikan untuk memberikan salam di awal, dan tanda tangan Anda di akhir.

Promosikan diri Anda

Sepanjang surat itu, fokuslah pada bagaimana Anda akan menguntungkan perusahaan. Berikan contoh spesifik saat Anda menunjukkan keterampilan atau kemampuan yang akan berguna untuk pekerjaan itu, terutama yang tercantum dalam postingan atau deskripsi pekerjaan. Jika memungkinkan, sertakan contoh saat Anda menambahkan nilai plus ke perusahaan tersebut.

Gunakan Kata Kunci

Baca kembali lowongan pekerjaan yang Anda miliki, lingkari kata kunci apa pun (seperti keterampilan atau kemampuan yang ditekankan dalam lowongan tersebut). Cobalah untuk memasukkan beberapa kata tersebut dalam surat lamaran pekerjaan Anda. Ini akan membantu pemberi pekerjaan melihat bahwa Anda sangat cocok untuk pekerjaan itu.

Singkat dan Padat

Tulis surat Anda di bawah satu halaman, dengan tidak lebih dari sekitar empat paragraf. Pemberi pekerjaan lebih cenderung membaca surat singkat.

Koreksi dan Edit

Pengusaha cenderung mengabaikan surat lamaran dengan banyak kesalahan. Baca surat lamaran Anda, dan jika mungkin, mintalah seorang teman atau konselor karir untuk meninjau surat itu. Koreksi untuk setiap kesalahan tata bahasa atau ejaan.

Baca Juga  Contoh Daftar Riwayat Hidup, Ciri-Ciri dan Craa Menulisnya

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan

Admin sudah menyediakan berbagai macam contoh surat lamaran pekerjaan yang benar untuk tahun 2022. Pembahasannya dapat kalian lihat dibawah ini.

Contoh Surat Lamaran Pertama

 

Subang, 29 September 2022

Perihal: Lamaran Pekerjaan

Yth. Ibu Sinta Widiani

Pt. Tetap Bergerak

Di Tempat

Ibu Sinta yang terhormat,

Saya menghubungi Anda mengenai tentang lowongan pekerjaan untuk posisi konsultan sumber daya manusia yang saya temukan di cleo.co.id Saya sangat tertarik dengan posisi ini dan akan menghargai pertimbangan Anda sebagai kandidat untuk peran tersebut.

Dalam pengalaman saya sebelumnya, saya bekerja di departemen sumber daya manusia untuk memberikan dukungan di beberapa industri yang berbeda. Saya telah bekerja dalam peran saya saat ini sebagai generalis sumber daya manusia selama empat tahun terakhir. Sebelum pekerjaan ini, saya bekerja sebagai asisten sumber daya manusia selama dua tahun, yang menunjukkan kemampuan saya untuk maju dalam karir saya.

Saya memiliki hasrat yang kuat untuk membantu orang lain, itulah sebabnya saya menemukan passion seperti itu dalam sumber daya manusia, memberikan dukungan kepada rekan kerja saya dan membantu mereka dengan cara yang menguntungkan mereka baik secara pribadi maupun profesional. Saya juga senang mencari solusi untuk masalah umum SDM, yang saya rasa akan menjadi aset besar dalam posisi di perusahaan Anda. Karena posisi konsultan ini bekerja secara langsung dengan banyak klien, membantu mereka dalam kebutuhan sumber daya manusia mereka, saya percaya sifat inovatif dan keahlian saya yang kuat akan membantu saya sukses.

Saya memiliki keterampilan komunikasi yang kuat, yang sangat penting untuk sukses di bidang SDM. Saya juga memiliki gelar sarjana di bidang sumber daya manusia dari Universitas Pendidikan Indonesia. Sepanjang pendidikan saya, saya bekerja dengan rekan profesional sumber daya manusia yang terampil yang telah berbagi wawasan dan pengalaman mereka dengan saya. 

Saya menghargai waktu Anda dalam meninjau surat ini dan berharap untuk mendengar dari Anda mengenai langkah selanjutnya dalam proses perekrutan. Jika Anda memiliki pertanyaan atau memerlukan informasi tambahan, jangan ragu untuk menghubungi saya.

Hormat Saya,
Wira Trianto

Contoh Surat Lamaran Kerja Kedua

Subang, 22 September 2022

Perihal : Lamaran Pekerjaan

Yth. Bapak Satria

PT. Sukses Selalu

Dengan Hormat,

Melalui surat lamaran ini saya bermaksud untuk melamar di perusahaan Bapak sebagai admin perusahaan. Berikut adalah data diri saya:

Nama                                      : Dita Salsabilla

Tempat/Tanggal Lahir             : Subang, 18 Juni 2001

Alamat Domisili                      : Pusakajaya, Subang

Pendidikan Terakhir                : S1 Administrasi

No. Telpon & Whatsapp         : 081234765XXX

Saya adalah orang yang teliti, tepat waktu, dapat mengikuti instruksi dengan baik, dan siap belajar.

Bersamaan dengan suratini saya lampirkan berkas-berkas sebagai kelengkapan data:

  1. Curriculum Vitae (CV)
  2. Transkrip Nilai 
  3. Ijazah

Demikian surat lamaran kerja ini saya ajukan, besar harapan saya untuk diterima di perusahaan Bapak. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih banyak.

Hormat saya,

Dita Salsabilla

Penutup

Kesimpulannya surat lamaran kerja adalah surat yang digunakan untuk melamar sebuah pekerjaan disuatu perusahaan. Surat ini bersifat formal, isi dan sebagainya harus sesuai agar surat yang Anda tulis termasuk baik ddan benar.

Sekian pembahasan mengenai contoh surat lamaran kerja, jangan lupa untuk membaca artikel lainnya pada situs ini. Terimakasih telah berkunjung dan sampai jumpa diartikel berikutnya.